Manjali dan Cakrabirawa by Ayu Utami (seri Bilangan Fu)

By Mayasitha Arifin - Rabu, Juni 06, 2018


Dan gaes,

Masih ngebahas Bilangan Fu-nya Ayu Utami, Manjali dan Cakrabirawa ini seri kedua dari serial Bilangan Fu, novel ke-25 yang terbaca dan terselesaikan di 2018.

Kalau di novel pertama, Ayu Utami menceritakan dengan menggunakan sudut pandang orang pertama, Sandi Yuda. Di novel kedua ini dia memakai sudut panjang orang ketiga dan lebih fokus menceritakan dari sudut panjang Marja (baca: Maria), kekasih Sandi Yuda.

Di novel ini, Sandi Yuda pergi meninggalkan Marja dan Parang Jati di desa dekat Sawugunung untuk beberapa urusan kuliahnya yang keteteran akibat kegiatan panjat tebingnya. Dan pada moment-moment inilah diam-diam tumbuh cinta antara Marja dan Parang Jati. Mereka berdua terlibat penelitian Candi Calon Arang bersama salah satu ilmuan dari Prancis.

Novel ini masih seperti sebelumnya, persahabatan, cinta segitiga, dongeng, sejarah, spritual, kepercayaan, yang dibahas dan dijadikan cerita dengan kritis. Tapi, aku ga tahu kenapa, menurut aku pribadi, ga seseru dan menarik Bilangan Fu buku pertama. Ga semengalir Bilangan Fu, yang waktu itu aku baca, seolah-olah itu emang nyata dan benar-benar terjadi.

Kesimpulan yang paling berkesan di novel ini adalah: kebetulan-kebetulan, kalau terlalu sering terjadi dan berhubungan, para ilmuan akan mencari pola untuk diteliti, orang beriman akan menghubungkan dan mencari rencana Tuhan, orang-orang biasa hanya bisa berbuat baik dan sadar kalau mereka memiliki peran-peran masing-masing.

Aku ga terlalu ngerekomendasii novel ini seperti halnya aku ngerekomendasii secara exicited Bilangan Fu, tapi serial Bilangan Fu tetep aja bukan hal enak buat dilewatin setiap bukunya.

Dan you guys, kalau ada yang pernah baca novel ini juga, bisa sharing kesan-kesan di kolom komentar.

regards
mayasitha






  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    BalasHapus